Makanan Penambah Kualitas Sperma

April 15, 2019
Makanan Penambah Kualitas Sperma

Salah satu hal yang harus diperhatikan pria untuk meningkatkan kualitas sperma adalah asupan nutrisinya. Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan nutrisi yang tidak memadai mengurangi kualitas sperma, membuat pasangan lebih sulit untuk hamil.

Pasangan yang ingin memiliki anak perlu memperhatikan beberapa hal, salah satunya adalah menjaga kualitas sperma. Untuk meningkatkan kualitas sperma, pria perlu makan makanan sehat dan seimbang, terutama yang kaya akan antioksidan, protein, vitamin dan mineral, dan karbohidrat.

Makanan yang meningkatkan kualitas sperma
Berikut beberapa makanan yang harus dimakan untuk meningkatkan kualitas sperma:

1. Makanan yang mengandung asam folat
Idealnya, kebutuhan nutrisi ibu masa depan, calon ayah juga perlu mengonsumsi asam folat atau vitamin B9. Menurut penelitian, kekurangan asam folat dapat mengurangi kuantitas dan kualitas sperma.

Disarankan bahwa pria mengkonsumsi hingga 400 mikrogram asam folat per hari. Zat ini banyak ditemukan pada kacang tanah, kacang hijau, kedelai, biji-bijian, kentang dan buah-buahan. Jenis sayuran tertentu, seperti bayam, brokoli, dan tauge, juga merupakan sumber asam folat yang baik.

2. Makanan kaya vitamin C
Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin C tidak hanya meningkatkan kualitas sperma, tetapi juga mencegah kecacatan. Pria dewasa harus mengonsumsi 90 mg vitamin C per hari.

Beberapa makanan yang mengandung vitamin C dalam jumlah besar adalah buah-buahan seperti jeruk, kiwi, stroberi, jambu biji, paprika dan tomat, sayuran seperti brokoli dan kentang, biji-bijian dan susu yang diperkaya atau ditambah dengan vitamin C.

3. Makanan yang mengandung vitamin D
Vitamin D dianggap meningkatkan kualitas sperma dan kadar testosteron dalam tubuh. Disarankan bahwa pria dewasa mengkonsumsi hingga 15 mikrogram vitamin D per hari.

Vitamin ini dapat diperoleh dari ikan laut, kuning telur, jamur, susu dan produk olahan seperti keju atau yogurt.

4. Makanan yang mengandung zinc
Kekurangan zinc meningkatkan risiko infertilitas pria. Karena itu, pria dewasa dianjurkan mengonsumsi setidaknya 17 mg zinc per hari.

Beberapa makanan kaya zinc termasuk ayam, sereal, kacang-kacangan, gandum dan susu. zinc juga bisa diperoleh dari kerang, lobster dan kepiting.

5. Makanan yang mengandung likopen
Sebuah penelitian di Jepang menunjukkan bahwa kualitas sperma pada pria yang secara teratur mengonsumsi likopen telah meningkat. Ini diduga karena likopen memiliki efek antioksidan yang baik, sehingga dapat mendukung kesehatan sel sperma. Likopen ditemukan dalam tomat, jambu biji, semangka dan pepaya.

Kesuburan dan kualitas sperma tergantung tidak hanya pada makanan tetapi juga pada gaya hidup. Gunakan gaya hidup sehat, seperti tidak merokok, hindari minum, kurangi stres, dan pertahankan berat badan ideal untuk menjaga kualitas sperma.

Jika Anda telah mencoba banyak makanan yang meningkatkan kualitas sperma tetapi masih kesulitan memperoleh keturunan, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Terima Kasih.!


Keyword : 
penambah kualitas sperma, buah penambah kualitas sperma, buah-buahan penambah kualitas sperma, jamu penambah kualitas sperma, jenis makanan penambah kualitas sperma, makanan alami penambah kualitas sperma, makanan dan buah penambah kualitas sperma, makanan penambah kualitas dan jumlah sperma, makanan penambah kualitas dan kuantitas sperma, makanan penambah kualitas sperma, makanan penambah kualitas sperma pria, makanan sehat penambah kualitas sperma, makanan untuk penambah kualitas sperma, obat herbal penambah kualitas sperma, obat penambah kualitas sperma, obat penambah kualitas sperma pria, obat tradisional penambah kualitas sperma, obat untuk penambah kualitas sperma, penambah kualitas dan kuantitas sperma, ramuan penambah kualitas sperma, sayur dan buah penambah kualitas sperma, sayuran penambah kualitas sperma, suplemen penambah kualitas dan kuantitas sperma, suplemen penambah kualitas sperma, tanaman penambah kualitas sperma, vitamin penambah kualitas sperma,

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »